Pemerintah Kota Surabaya Membuka Layanan Helpdesk Khusus Pilkada

Turut andil menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 yang akan berlangsung 27 Juni besok, Pemkot Surabaya melalui Dinas Dukcapil bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat membuka Helpdesk Pilkada.

Layanan ini akan mempermudah masyarakat menyampaikan berbagai aspirasi terkait data pemilih, terutama bagi warga yang bermasalah dalam penggunaan hak pilih seperti tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), atau tidak memiliki Surat Keterangan Pengganti KTP-el (Suket) sebagai syarat menggunakan hak pilih.

“Jika belum terdapat dalam DPT Pilkada, kami akan langsung menangani agar penduduk bisa menggunakan hak pilihnya. Jadi, tidak perlu risau. Kami sudah buka Helpdesk Pilkada sejak hari Minggu kemarin di kantor Dinas Dukcapil”, kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Surabaya Moh. Suharto Wardoyo melalui keterangan tertulis, Senin (25/06/2018).

Pria yang akrab disapa Anang ini menyampaikan, bersama KPUD pihaknya sudah menyiapkan petugas khusus yang memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menangani persoalan daftar pemilih Pilkada dan hal ikhwal Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Pembukaan layanan ini merupakan respon atas permintaan resmi KPUD untuk membentuk Helpdes Pilkada pemungutan dan penghitungan suara serta call center dengan melibatkan dua lembaga, Dinas Dukcapil dan KPUD,” lanjut Anang.

Selain itu, lanjut Anang, sudah menjadi tugas Dinas Dukcapil untuk all out mendukung KPU dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pilkada dan Pemilu, sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam Undang-Undang Adminduk atau Undang-Undang Pemilu/Pilkada. Hal ini juga merupakan amanat dari Ditjen Dukcapil Kemendagri.

“Juga guna merespons konfimasi dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atas permasalahan identitas kependudukan pemilih dan problem teknis lainnya”, tutup Anang.

sumber resmi : Kementerian Dalam Negeri

Leave a Reply